Penghasilan Seorang Mangaka

Mangaka
Mangaka

Mangaka adalah Istilah dari jepang untuk seorang Penulis atau Kreator sebuah Komik. Kalau di Indonesia di sebut Komikus. Bagi kalian penggemar Anime atau Komik pasti tidak asing dengan sebutan Ini. Karena Komik bergambar di jepang sendiri di sebut Manga dan pengarangnya di sebut Mangaka.

Tahukah kalian bahwa seorang Mangaka merupakan para pekerja keras yang bahkan katanya tidak pernah Jauh dari meja Kerjannya. Seorang Mangaka bahkan rela tidak tidur di kasur yang empuk, hanya makan makanan Instan, tidak mandi Dll. Supaya karyanya bisa di publikasikan setiap Minggunya.

Ya di Jepang seorang Mangaka selalu memiliki deadline yaitu agar setiap Minggu bisa menghasilkan 1 Chapter dari serialnya.
Mangaka yang sedang Bekerja
Mangaka yang sedang Bekerja

 

Gambar Studio Manga
Gambar Studio Manga

 

Manga yang telah selesai Dibuat
Manga yang telah selesai Dibuat

 

Lalu Pertanyaan yang akan keluar adalah Berapa sih kira kira mereka dibayar atau mendapatkan penghasilanya. Secara mereka selalu bekerja dan mencari reverensi dan berimajinasi agar hasil karnyanya di sukai banyak orang. Berikut kira kira penghasilan mereka yang secara garis besar di bagi menjadi 3 Golongan :

1. Genkouryou

Genkouryou merupakan pendapatan Pokok mereka yang di dapatkan dari perusahaan Penerbit karya karya mereka. Biasanya mereka di bayar untuk tiap Halaman yang di buat. Dan kabarnya juga setiap perusahaan penerbit berhak membatasi berapa Halaman yang harus mereka buat tiap Chapternya. Semua tergantung kepopuleran dan Rating dari Manga atau Komik itu sendiri.

Standarnya mereka akan mendapatkan sekitar 7000 Yen atau Rp. 700.000,- untuk setiap 1 Halamanya. Dan jika Reputasi dari Komik atau karyanya meningkat bisa mencapai 20.000 Yen atau Rp. 2.000.000,- untuk setiap 1 Halamanya. Wooow banget kan. Bayangkan jika di setiap Chapter ada 20 Halaman maka bisa di hitung sendiri berapa bisa mereka dapatkan.

Terlebih lagi ini baru dari segi Genkouryou atau pendapatan Pokok yang mereka dapat dari Penerbit. belum lagi untuk poin ke 2 dan ke 3.

2. Inzei

Inzei adalah Royalti untuk setiap chapter yang telah mereka Bukukan. Atau dengan kata Lain Royalti untuk setiap Komik yang telah di terbitkan oleh Perusahaan Penerbit. Normalnya mereka akan mendapatkan sekitar 10% dari setiap Komik yang terbit. Di jepang rata – rata harga Komik sekitar Rp. 40.000,- jadi bisa di bayangkan berapa hasil yang mereka dapat dari Inzei ini.

Sekedar gambaran saja, Komik One Piece karya Eiichiro Oda merupakan Komik dengan Cetakan terbanyak menurut Guiness Book of Record. Total   320.866.000   kopi dari   77  Judul buku Komik yang beredar. Ini data tahun 2015. Coba hitung sendiri jika 10% dari Inzei atau Royalti di kalikan hasil tersebut … !!!! …

3. Royalti dari Games, Anime dan Marchendise

Jika Inzei adalah Royalti untuk Buku Komik yang telah di terbitkan maka di poin ke 3 adalah Royalti dari Games, Anime, serta Marchendise Manga tersebut. Jadi jika Manga karya seseorang bagus dan memiliki banyak Pembaca dan populer maka pihak Luar pun akan tertarik menjadikan Manganya sebagai barang dagangan.

Berikut data Penghasilan dari beberapa Mangaka populer untuk setiap tahunnya :

“Dragon Ball” Akira Toriyama  17,9 juta dolar

“Yu-Gi-Oh!” Kazuki Takahashi  6,2 juta dolar

“Doraemon” Fujiko F. Fujio  5,5 juta dolar

“Fullmetal Alchemist” Hiromu Arakawa  5,4 juta

“Naruto” Masashi Kishimoto  4,5 juta dolar

“The Prince of Tennis” Takeshi Konomi  4,2 juta dolar

“One Piece” Eiichiro Oda  4 juta dolar

 

Jika dilihat ternyata Eiichiro Oda ada di bawah yah dan teratas ada Pengarang Komik Legendaris Akira Toriyama dengan Dragon Ball nya. Tapi wajar jika Akira mendapatkan penghasilan paling besar karena seperti kita tau Serial Dragon Ball merupakan Serial Komik dengan adaptasi Games terbanyak dan paling laris. Juga sekarang Animenya ada lagi lewat Dragon Ball Super.

Jadi adakah di antara kalian yang berminat menjadi Mangaka … ???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *