Yamaha Tidak Peduli Dengan Gelar La Decima Valentino Rossi

Yamaha - Valentino Rossi
Yamaha – Valentino Rossi
La Decima atau Gelar Ke sepuluh di semua kompetisi Moto Gp merupakan incaran penting sang Legenda Hidup Valentino Rossi. Tapi menurut Ramon Forcada itu tidaklah penting buat Yamaha.

Valentino Rossi yang sampai saat ini masih membalap guna mendapatkan La Decima tentu saja selalu menarik perhatian. Kali ini datang dari Kepala Kru Maverick Vineas Ramon Forcada. Ia menuturkan bahwasanya di dalam Tim Yamaha kemenangan pembalap bukanlah hal utama. Karena bagi pabrikan Yamaha sendiri siapapun yang menang tidaklah masalah asalkan berasal dari Tim mereka sendiri.

Juara Manufactur adalah tujuan utama mereka karena mereka selalu ingin berada di depan sang Rival Honda.

Kepada Motorsport.com, Forcada menuturkan, “Orang Jepang sangat apatis. Mereka (hanya) ingin menang. Rival terbesar mereka adalah Honda, sehingga yang jadi tujuan utama adalah menjadi juara (manufaktur). Siapapun yang juara, tidaklah terlalu penting.”

“Tentunya departemen pemasaran tertarik soal detail (siapa yang bakal juara), tapi saya dapat meyakinkan Anda bahwa pimpinan tim (Yamaha) hanya peduli soal kemenangan, entah itu melalui (pebalap Tech 3 yaitu) Folger, Zarco, (atau pebalap Movistar yaitu) Valentino atau Maverick. Mereka hanya ingin pebalap Yamaha menang dan gelar ke-10 Rossi sama sekali bukan obsesi mereka.”

Menurut Ramon jika Valentino bisa meraih La Decima akan ada dualisme perasaan di kubu Yamaha. Untuk staf teknis asal Jepang, siapapun yang menang, bukanlah masalah. The Doctor atau Mavercik Vinales, atau bahkan pebalap dari Yamaha Tech 3, yang penting, juara berasal dari tim mereka.

Namun kasus berbeda terjadi di skuat Yamaha, yang berbasis di Lesmo, dekat Milan. Jika Valentino Rossi yang juara, jelas ada kebanggaan tersendiri bagi mereka. Ditegaskan Forcada, “Di dalam tim (Yamaha) yang digerakkan oleh orang-orang Italia, ceritanya jadi berbeda.”

“Tentunya jika Valentino memenangkan gelar ke-10 ( La Decima ) maka hal tersebut bakal sangat penting untuk kejuaraan ini, dan olahraga ini pula. Hal tersebut akan menjadi prestasi besar, karena gelar juara datang bertahun setelah gelar terakhir Valentino (yang diraih pada 2009). Jelas La Decima itu akan memiliki dampak pemberitaan yang masif untuk MotoGP.”

Seperti yang kita tahu sepanjang kariernya di semua kelas MotoGP, The Doctor telah memenangi sembilan gelar. Tujuh di antaranya terjadi di kelas MotoGP. Sementara sejak tahun 2009 kala ia terakhir menjadi juara dunia sampai saat ini Valentino tidak pernah menjadi Juara Dunia Lagi. Prestasi terbaiknya hanya berada di Runner Up Kejuaraan selama 3 tahun terakhir.

Dan kisah pilu Rossi tentu saja ketika ia memutuskan bergabung dengan Ducati selama 2 Musim. Dan yang paling panas adalah ketika tahun 2015, saat Rossi yang berada di puncak klasemen sampai seri terakhir, justru kalah dari rekan setimnya Jorge Lorenzo.

Sampai saat ini Valentino sangat mengidam idamkan gelar La Decima dan memutuskan untuk tidak mau pensiun dahulu. Yah semoga saja impian Rossi ini bisa tercapai tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *