Desain Bagian Depan Ducati Mirip F1 Untuk Mengatasi Larangan Winglet

Moncong Motor Ducati yang seperti F1
Moncong Motor Ducati yang seperti F1
Gelaran Moto GP 2017 hampir di selenggarakan bulan depan. Ada yang menarik dari salah satu Pabrikan yang ikut serta. Pabrikan asal Italia Ducati mendesain motor baru mereka sedikit berbeda.

Desain motor Ducati tahun ini memang agak di bilang aneh dan nyeleneh. Tapi itu semua mereka lakukan untuk menyiasati larangan winglet yang berlaku di Moto GP musim ini. Memang terlihat seperti Mobil F1 jika di perhatikan dengan seksama.

Motor yang akan di kendarai oleh Jorge Lorenzo ini memiliki Lubang di tengahnya dengan sayap di bagian samping yang juga berlubang. Jika di F1 ada Red Bull yang membuat Desain yang berbeda dengan Moncong yang berlubang di tengahnya. Di Moto GP Ducati lebih heboh lagi.

Sebelumnya di tahun 2015, pabrikan asal italia ini memakai Winglet yang seperti sayap di bagian depan samping motor. Hal ini mereka gunakan sebagai sistem Aerodinamis pada motor. Tapi mulai tahun ini Moto GP resmi melakukan pelarangan dalam penggunaan Winglet di Motor yang ikut berkompetisi.

Semua perangkat Aerodinamis pada motor tidak boleh menonjol dan fairing haruslah menyatu dengan bagian motor tidak boleh terpisah.

Seperti yang sudah di perkirakan, Ducati mengkalinya dengan improvisasi desain seperti terlihat sekarang. Walaupun mereka belum menentukan apakah akan benar benar di gunakan di Race tang sesungguhnya atau tidak. Atau akan di gunakan hanya di sebagian Race saja.

Yang jelas menurut pembalapnya Andrea Dovizioso, penggunaan model Fairing seperti ini memang memberikan Nilai Plus untuk kecepatan dan performa motor di lintasan sendiri.

Katanya, “Jelas hebat, bisa merasakan efek fairing baru, karena sangat sulit untuk membuat fairing yang apik, dengan downforce yang sama seperti tahun lalu; sembari tetap menyesuaikan diri dengan aturan baru. Teknisi kami melakukan pekerjaan brilian (dengan penemuan fairing model ini).”

Dovizioso juga menyebut, “Kami belum memutuskan. Kami perlu mengevaluasi apakah bakal menggunakannya di trek ini (Losail) atau pada trek lain. Pada saat ini, penggunaan fairing bukan prioritas kami.”

Jadi tinggal kita tunggu saja perkembanganya , apakah Ducati akan memakai model Fairing seperti ini atau tidak untuk Moto GP 2017 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *