Bixby Asisten Cerdas Dari Samsung Yang Mirip Seperti Siri

Bixby
Banyak hal Samsung perkenalkan di Event Unpacked tahun ini, selain Accesories Samsung Dex Dock. Samsung juga memperkenalkan Bixby Asisten Cerdas yang fungsinya mirip dengan Siri.

Bixby sendiri memang terlihat seperti Siri milik Apple, atau Cortana milik Microsoft. Bixby asisten cerdas ini untuk sementara memang hanya akan mendukung 2 bahasa saja. Yaitu bahasa Inggris dan bahasa Korea. Saat rilis awal Asisten cerdas ini hanya bekerja untuk aplikasi bawaan seperti Call, Camera, Gallery, Settings, dan Message.

Tapi Samsung tentunya akan mengupdatenya seiring berjalannya waktu. Bixby juga memiliki beberapa fitur semisal Bixby Vision yang merupakan salah satu andalannya. Sejauh ini fitur baru ini bisa bekerja di 11 negara saja, semisal Inggris, Amerika Serikat, dan juga Korea Selatan.

Bixby ini memiliki setidaknya 3 kemampuan utama yang membuatnya berbeda. Yaitu Completeness, Context Awareness, dan Cognitive Tolerance.

Completeness adalah fitur yang mengarahkan semua aplikasi yang bisa di sentuh dengan tangan untuk di selesaikan oleh Bixby. Tentunya fitur ini haruslah aplikasi yang sudah mendukung Bixby ini. Sementara itu Context Awareness memungkinkan memanggil Bixby kapan saja meskipun saat anda sedang menjalankan Aplikasi lainnya. Sedangkan Cognitive Tolerance adalah kemampuan Bixby untuk mengerti sebuah perintah meskipun perintah tersebut kurang lengkap.

Aplikasi Bixby ini dekembangkan Samsung menggunakan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang dapat beradaptasi dengan penggunanya.

Walaupun di jejali banyak hal baru pada Bixby ini, tetapi ada beberapa kalangan yang menilai Bixby ini tidaklah Efisien penggunaanya. Karena di dalam Aplikasi Android saat ini sudah terinstall secara Default Aplikasi Google Now. Yang fungsinya juga sama dengan Bixby, Siri ataupun Cortana yaitu menerima perintah dari Suara.

Untuk saat ini Aplikasi Bixby ini tersedia secara default untuk Flagship Samsung Galaxy S8 dan S8+.

Berikut Video Hands On Bixby Asisten Cerdas dari Samsung oleh Samsung Newsroom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *