Tidak Baik Buat Remaja Mengonsumsi Banyak Kafein, Ini Akibatnya .. !!

Kafein pada Kopi
Mengonsumsi banyak Kafein ternyata tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh. Terutama buat kalian para pemuda dan remaja remaja. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa penyakit bahkan gangguan pada Jantung.

Kadar kafein yang terlalu tinggi bagi tubuh ternyata tidak baik juga menurut pakar kesehatan Amy Morin. Apalagi bagi para remaja remaja yang biasanya gemar meminum Kopi. Sedangkan kopi merupakan salah satu minuman yang terkenal dengan kadar kefeinnya. Mengonsumsi banyak Kafein akan mengganggu kesehatan tubuh dan merugikan mereka.

Selain pada Kopi, kafein sendiri biasanya ada pada Teh, Coklat, Minuman Berenergi, Soda dan lainnya. Untuk para remaja, kandungan kafein dalam tubuh haruslah bisa di kontrol. Untuk 1 hari di sarankan hanya sekitar 100 Miligram saja. Kenapa demikian .. ?? Karena tubuh para remaja berbeda dengan tubuh orang dewasa. Jika orang dewasa bisa mencerna kafein hingga 400 miligram per harinya.

Menurut Akademi Pediatri Amerika, anak anak dengan usia di bawah 12 tahun sangat tidak di sarankan mengonsumsi kafein. Memberiakan kafein pada tubuh mereka akan memberikan beberapa efek samping tertentu. Semisal Mudah Marah, Insomnia, Gelisah, Sakit Perut, Susah Fokus, Sakit Kepala, Tremor Otot, Naiknya denyut Jantung juga Tensi yang tinggi.

Jika pengonsumsian kafein di lakukan lebih banyak dan secara berkala, di khawatirkan akan menimbulkan gejala yang lebih serius.

“Orangtua tidak bisa selalu mengontrol apa yang dimakan anak, tapi bisa memberi edukasi mengenai batasan konsumsi kafein kepada mereka serta membiasakan minum air putih dan susu yang lebih sehat,” kata Amy Morin selaku pemerhati kesehatan remaja dan penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do.

Respon yang mempengaruhi gejala akibat kafein ini sendiri berbeda dari remaja Pria dan remaja Putri. Pada Pria responnya lebih besar, bisa mempengaruhi fisik dan mentalnya. Juga jumlah kalsium yang menurun, hingga adanya gangguan pada jantung.

 

 

 

 

 

 

 

 

** Sumber **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *